Progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Pernahkah sobat mendengar progam sarjana mengajar? Kebanyakan orang kalau mendengar sarjana mengajar yang terpikirkan adalah progam SM3T yang sering dan banyak diburu oleh lulusan sarjana. Konon katanya SM3T banyak diminai karena adanya bonus PPG (Pendidikan Profesi Guru) alias gratis PPG. Akan tetapi kali ini saya akan menshare progam yang sebenarnya sudah berjalan selama 4 kali, nama progamnya adalah Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK (SMPGP SMK).

Progam SMPGP ini hampir mirip dengan progam SM3T, dimana para peserta akan mengabdi di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Namun untuk progam SMPGP ini tidak hanya ditempatkan di daerah 3T namun juga di daerah Non 3T. Saya sendiri adalah salah satu peserta progam SMPGP ini yang ditempatkan di daerah 3T yaitu di NTT.

Progam SMPGP ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) semisal FT Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang dan LPTK lain.

Peserta dari progam ini adalah lulusan S1 dari LPTK dan lulusan PPG UNY, diantara mereka adalah dari teknik otomotif, teknik mesin, teknik sipil dan perencanaan, teknik boga, teknik busana, teknik elektro, teknik mekatronika, teknik informatika, teknik elktronika, dan teknik pertanian.

Progam SMPGP ini berlangsung selama 1 tahun. 11 bulan peserta berada di lokasi penempatan dan 1 bulan untuk pembuatan laporan.

Sobat bisa membaca artikel tentang SMPGP untuk lebih jelasnya. Apakah progam smpgp ini sama dengan progam SM3T? Sobat bisa membacanya di artikel progam sarjana mengajar. Untuk kegiatan-kegiatan sputar SMPGP insyaAllah akan saya posting di blog ini selanjutnya.

Mungkin itu dulu ya yang bisa saya sharekan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Sobat bisa bertanya-tanya melalui komentar dibawah ini.